21 Januari 2013

Perbaiki Polytron Minimax rusak langka

TV polytron minimax Polytron Minimax 20" Pengalaman menghadapi "KERUSAKAN LANGKA" TV polytron minimax awalnya tv hidup sebentar dan tv kembali stby setelah hidup 3 detik... led indikator nyala, telusur demi telusur tidak ada kerusakan dan semua komponen dalam keadaan prima empat teknisi yang mengerjakan nyerah semua dan akhirnnya saya pribadi turun tangan, anda tau apa yang saya lakukan..? Pertama saya periksa semua tegangan output regulator dan semua dalam keadaan normal, saya bingung dan coba menjalankan pemeriksaan menyeluruh di rankaian pulse horizontal dan alhasil saya tidak temukan kerusakannya. Hati mulai resah dan jengkel karena dalam 30 menit tv belum kunjung normal dan akhirnya saya lakukan jurus pamungkas dengan membuka buku-buku pelajaran elektronik saya waktu kuliah duluh dan alhasil saya temukan dalam catatan buku bahwa rangkaian yang mengalami electric shock akan mematikan kerja transistor, setelah mendapat bahan tersebut saya coba kembali berhadapan dengan sang polytron minimax dan berjibaku dengannya, 5 menit saya periksa semua transistor menggunakan digital avo meter dan tidak juga menemukan transistor yang rusak, kesal karena belum juga ketemu maka beralih saya periksa setiap kaki IC yang terhubung ke transistor di dalamnya dengan panduan skema dan alhasil saya temukan 1 transistor yang berada di dalam IC croma STV 2286H tidak bekerja dan ketika itu juga saya putuskan untuk tidak mengganti IC tersebut. Saya memberikan tegangan kejut pada pin IC yang menuju transitor sebanyak 65 volt ac selama 0.4 detik menggunakan rangkaian electric shock buatan saya sendiri dan setelahnya saya ukur pin IC tersebut dengan AVO meter dan saya dapati transistor di dalam IC bekerja lagi. Setelah di temukannya biang keladi kerusakan dan melakukan restorasi maka TV di jemput sang empunya dengan meninggalkan imbalan jasa servis Rp.75.000,- Selesai dan gajian..hehehehe Catatan : Transistor di dalam IC croma tidak rusak tetapi terkunci karena kejutan listrik statis dan untuk membukanya harus dengan kejutan listrik dengan tegangan tertentu sesuai karakter transistor. By : Ricky

Di publikasikan oleh: Admin 2 Informasi Elektronik dan Reparasi
KERUSAKAN LANGKA adalah Artikel yang di Publikasi: 21 Januari 2013
Previous Next Home
Cari artikel lain ?.. silahkan gunakan kotak pencarian ini
Kotak Pencarian Sedang Loading,Mohon Tunggu.